5 Penyebab Flavor Liquid di Dalam Botol Tiba - Tiba Hilang

Mungkin masalah ini sudah sering dialami oleh sebagian besar vapers dimanapun berada, maksud hati berhemat tapi malah berakhir tamat. Jujur dulu saya sering mengalami hal semacam ini, beli Liquid beberapa jenis agar tidak mudah bosan giliran disimpan rasanya malah tidak karuan. Mungkin anda pernah?

5 Penyebab Flavor Liquid di Dalam Botol Tiba - Tiba Hilang

Berangkat dari pengalaman tersebut sayapun mencoba melakukan beberapa percobaan, dari percobaan tersebut saya menarik beberapa kesimpulan. Menurut saya penyebab Flavor Liquid bisa tiba - tiba hilang atau berkurang terjadi karena beberapa faktor, 5 hal sepele ini sering terjadi tanpa kita sadari.

1. Udara
Percaya tidak udara dapat merubah rasa liquid? Kenyataannya Flavor dapat menguap karena udara yang berada didalam Liquid, udara yang dimaksud disini adalah udara yang terdapat didalam botol. Biasanya rasa Liquid mulai berubah ketika sudah berkurang isinya antara 30% - 40%, hal tersebut terjadi karena udara sudah memenuhi space/bagian kosong di dalam botol liquid yang membuat Flavor dan Nikotin menguap lebih cepat.

2. Cahaya
Paparan cahaya juga berpengaruh terhadap keawetan Flavor serta Nikotin Liquid, terutama untuk Liquid dengan kadar Nikotin cukup tinggi. Apa hubungannya? Saya beranggapan brewer liquid sudah menakar komposisi yang pas terhadap Liquid yang dia buat, apabila salah satu dasar komposisi racikannya menghilang (Nikotin) tentu rasanya akan berubah bukan?

Masalahnya Nikotin sangat peka terhadap cahaya dan udara, beberapa brewer yang aware soal ini sering mensiasati penggunaan botol berwarna gelap atau dengan menutup penuh botol menggunakan stiker label yang dimaksudkan untuk memperlambat proses menguapnya Nikotin.

3. Kotoran
Faktor ini juga sangat mempengaruhi kualitas Flavor pada Liquid, kotoran bisa berasal dari RDA atau dari dalam Liquid. Jika masalah kotoran hanya berasal dari RDA itu mudah mengatasinya, kita tinggal melakukan recoiling masalah selesai. Tapi lain cerita kalau kotoran berada didalam Liquid, mau di bersihkan? gak bisa, buang!

Kotoran di dalam Liquid dapat disebabkan karena 2 hal, brewer jorok atau kitanya sendiri yang jorok. Poin satu sangat jarang terjadi karena saya yakin brewer melakukan serangkaian QC guna menjaga mutu produknya, meskipun sempat terjadi beberapa kasus Liquid dengan tambahan fermentasi hewan di dalamnya.

Poin ke dua lebih sering terjadi karena ketidak tahuan kita sebagai vapers, jujur saja pasti pernah atau bahkan sering melakukan drip dengan menempelkan ujung botol/pipet ke koil? Di situlah letak kesalahannya, kotoran sering masuk karena ujung botol/pipet membawa kotoran berupa kerak dari sisa pembakaran koil kedalam botol.

Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan tersebut, drip Liquid dengan cara ditetes jangan dicocol layaknya sambel !!

4. Brewer Vampir
Poin ini terjadi karena pemilihan kualitas dari bahan Liquid yang kurang bagus, skill brewer yang masih kurang, kehebatan ilmu marketing dan masih banyak faktor lain. Jika masalah berasal dari sini sudah tidak ada hal yang bisa kita lakukan, buang dan anggaplah kita sedang sial. Jangan dicoba lagi di lain waktu.

5. Anda sendiri penyebabnya
Masih juga merasakan Liquid terasa hambar? bisa jadi masalahnya ada pada diri anda, pernah dengar istilah Vape Tongue? saya pernah membahasnya di sini : Liquid Terasa Hambar? Bisa Jadi Anda Kena Vape Tongue .

Sederhananya Vape Tongue adalah sebuah keadaan dimana lidah kehilangan kemampuan dalam membedakan rasa, untuk vapers kondisi ini sering terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi. Jadi untuk anda yang seorang vapers addict jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air ketika vaping.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang mungkin dapat mengakibatkan Flavor Liquid berubah, namun dari pengalaman saya selama ini ke lima faktor diataslah yang sering dialami oleh sebagian besar vapers dimanapun berada.

3 komentar

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Indonesia Vaporizer