All About Baterai 18650, Baterai Terbaik Untuk Vape

Selayaknya sebuah perangkat elekrtonik vape butuh pasokan listrik untuk dapat bekerja, oleh karena itu baterai menjadi salah satu komponen vital pada sebuah alat vape. Umumnya vape menggunakan baterai berjenis Lithium 18650 dan Li - Po, namun pada artikel kali ini kita akan fokus membahas baterai Lithium 18650 dulu.

All About Baterai 18650, Baterai Terbaik Untuk Vape

Baterai lithium banyak digunakan untuk perangkat elektronik yang bersifat portabel, hal tersebut lantaran sifat dari baterai ini yang rechargerable atau dapat di isi ulang serta mampu menyimpan daya listrik cukup besar.

Angka 18650 pada baterai ini merujuk pada ukuran fisiknya, angka 18 menunjukkan diameter baterai sebesar 18 mm, angka 650 merupakan ukuran panjang fisik baterai 65.0 mm. Ada yang jeli mengapa panjang baterai ditulis 65.0 mm (dengan angka dibelakang koma) ? Hal tersebut ditulis bukan tanpa alasan, angka "0" tersebut mengacu pada toleransi tinggi maksimal baterai berdasarkan jenis serta bentuk produknya.

Contohnya :
  • Kutup positif pada produk baterai tersebut (tonjolan) ikut ukuran baterai model AAA atau AA.
  • Apa terdapat rangkaian proteksi tambahan pada produk baterai tersebut? Jika iya maka pasti akan mempunyai ukuran lebih panjang dari 65.0 mm.

Baterai 18650 secara umum mempunyai kapasitas maksimal sebesar 3600 mAh dan juga beberapa varian kapasitas dibawahnya seperti 3500 mAh, 3300 mAh, 2500 mAh, 2400 mAh sampai yang terkecil 1500 mAh. Adapun tegangan yang dapat di handel baterai jenis ini berkisar antara 3.7 V saat load (bekerja), 4.2 V saat dalam kondisi penuh serta 3.0 V pada posisi kosong.

Baterai 18650 Untuk Vape

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan membeli baterai 18650 untuk kebutuhan vape adalah CDR (Continuous Discharge Rating), opo kui mas? hmm

Mudahnya CDR merupakan ukuran besarnya arus yang mampu dikeluarkan baterai secara terus menerus (berkelanjutan) tanpa merusak baterai itu sendiri, satuan yang biasa digunakan untuk menentukan nilai CDR adalah Ampere (A). Nah dari parameter itulah muncul istilah "High Drain" pada baterai 18650, merujuk pada besarnya arus yang mampu dikeluarkan baterai secara kontinyu (besarnya berkisar antara 10A sampai dengan 30A).

Nilai CDR akan sangat penting terutama untuk penggunaan MOD berjenis Mecha/Mechanical, dimana dibutuhkan power yang stabil untuk mendapatkan pengalaman vape yang berkualitas. Sementara untuk MOD berjenis elektrikal nilai CDR tidak terlalu penting karena prosesnya sudah diatur oleh sebuah chip, namun tetap harus dijadikan pertimbangan karena menentukan keawetan baterai ke depannya.

Baterai 18650 Terbaik

Ada banyak sekali merk baterai 18650 mulai dari yang sudah terkenal atau merk baru hasil rebranding, namun kita tetap dapat membedakannya lewat nama produsen baterai tersebut. Sejauh ini hanya ada 5 nama besar produsen baterai 18650 yakni LG, Samsung, Sony, Panasonic dan Murata, sedangkan sisanya adalah merk rebranding dari ke 5 merk produsen baterai tersebut.

Di indonesia merk baterai paling umum digunakan untuk baterai vape adalah Sony, LG, Samsung dan Panasonic, sedangkan sisanya merk rebranding. Lalu mana yang terbaik? Coba lihat tabel hasil pengujian dari Mooch dibawah ini.

All About Baterai 18650, Baterai Terbaik Untuk Vape
Gambar : mooch blog

Dari tabel hasil pengujian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa baterai 18650 terbaik di pasaran saat ini masih dipegang oleh Sony VTC 5A (sudah beberapa tahun dan belum ada lawan), apa alasannya?

1. Kapasitas real

Jika jeli mengamati tabel hasil tes pengujian baterai di atas kita akan menemukan beberapa merk baterai dima kapasitasnya berbeda setelah hasil pengujian, hal tersebut sebenarnya umum terjadi tapi tentu akan merugikan kita sebagai konsumen karena kita tidak mendapatkan baterai sesuai kapasitas yang tertera pada spesifikasi.
Kan ada yang punya kapasitas lebih besar, kenapa harus Sony VTC 5A yang cuma 2500 mAh? sabar bro, poin ke 2 alasannya.
2. Nilai rate CDR tinggi

Coba baca tentang bahasan CDR serta amati lagi tabel pengujian diatas, pasti akan ketemu alasannya. yep nilai CDR Sony VTC 5A paling besar 30A dengan kapasitas 2500 mAh diantara kompetitornya, adapun yang terdekat adalah Samsung 25S dengan kapasitas sama namun memiliki nilai CDR lebih kecil 25A serta LG HB2 - 6 dengan nilai CDR setara namun berkapasitas lebih kecil hanya 1500 mAh.

Baterai palsu

Bukan hal yang mengejutkan kalau di pasaran banyak sekali baterai palsu yang dijual bebas, umumnya baterai palsu ini memiliki kekurangan dimana kapasitas serta nilai CDR tidak sesuai dengan informasi yang tertera pada kemasannya.

Untuk membedakan sebenarnya dapat dilihat dari beberapa ciri - ciri fisiknya, namun ada cara yang lebih mudah yakni dengan melihat encode line yang tercetak pada body baterai bagian dalam. Untuk baterai palsu kebanyakan tidak terdapat nomor encode produksi ini atau bisa juga memiliki nomor encode sama antara satu dengan yang lain.
Untuk membedakan baterai Sony VTC sepertinya lebih enak jika dibuat artikel terpisah ya? 
Sampailah kita pada akhir artikel pembahasan tentang  All About Baterai 18650, Baterai Terbaik Untuk Vape, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman - teman pembaca ya. Terimakasih, keep vaping bro..


* * Rujukan : https://www.e-cigarette-forum.com/blogs/mooch.256958/

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Indonesia Vaporizer