Mengenal Istilah DTL dan MTL Pada Dunia Vape

Pernahkah kalian mendengar istilah DTL dan MTL dalam dunia vape? Sebenarnya apa itu DTL/MTL, apa fungsinya? Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara singkat perbedaan keduanya.

Mengenal Istilah DTL dan MTL Pada Dunia Vape
Foto credit ©Pxhere
Pada dasarnya DTL dan MTL bukanlah sebuah nama benda, ya meskipun ada beberapa vapers yang menyebut beberapa jenis RTA dengan sebutan MTL. DTL dan MTL merupakan sebuah teknik atau gaya menghisap dalam dunia vape, dimana keduanya memiliki perbedaan pada proses delivery cloud ke dalam tubuh kita.

Perbedaan DTL dan MTL

DTL atau Direct to Lung, merupakan teknik menghisap vape dimana cloud langsung diarahkan menuju paru – paru tanpa ditampung terlebih dahulu di dalam mulut. Teknik ini umum digunakan oleh vapers yang menginginkan cloud padat dan tebal tanpa memperdulikan flavour. Biasanya teknik DTL dipakai vapers yang sedang mengikuti kompetisi Cloud Chaser.

Setup untuk DTL umumnya juga lebih mudah dikarenakan tidak terlalu memperdulikan soal flavour. Umumnya resistensi yang dipakai untuk DTL berada di bawah angka 1.0 ohm (sub-ohm), serta menggunakan liquid sedikit lebih banyak dibanding metode atau gaya MTL.

Perbedaan DTL dan MTL
Foto credit ©Wotofo
MTL atau Mouth to Lung, adalah teknik menghisap vape yang mana cloud ditampung di dalam mulut terlebih dahulu sebelum nantinya diteruskan menuju paru – paru. Teknik ini umum digunakan oleh vapers yang menginginkan sensasi nikotin delivery mirip rokok konvensional (rokok bakar), dimana cloud yang dihasilkan juga tidak terlalu tebal.

Pada dasarnya setup MTL tidak terlalu rumit, namun jam terbang bakal sangat mempengaruhi hasil akhir. Saran dari saya, cobalah untuk sesering mungkin praktik hingga mendapatkan setup yang pas.

MTL sangat cocok digunakan oleh orang yang baru beralih dari rokok konvensional ke rokok elektrik (Vape). Keduanya memiliki sedikit kemiripan pada bagian aftert taste, dimana terdapat throat hit dengan aroma tipis dari rasa liquid. Buat Anda yang sering mengatakan rokok elektrik ‘banci’ karena ada rasa – rasanya, MTL sepertinya bakal cocok untuk Anda.

Sampai di sini dulu artikel kali ini, semoga tidak ada yang salah lagi dalam membedakan apa itu DTL dan MTL. Semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah membaca.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Indonesia Vaporizer